Gua Oenaek
Like | Been | Plan Like 1 | Never Been | Plan 3 | View 1245

Gua Oenaek

 

Terletak di Desa Camplong II, Kecamatan Fatuleu.

Menurut cerita nenek moyang dahulu Gua Oenaek bernama "Bola Oenaek Fufun" (lubang kepala mata air) karena berada di atas bukit batu yang berjarak 40-an meter dari sumber mata air oenaek. Gua ini dipercaya sebagai tempat tinggal "roh" yang berwujud perempuan tua dan berbuah dada besar, juga kadang mengambil wujud seekor kadal besar atau ular liuksaen (sanca timur).

Roh itu bernama "Pah Oel (tuan air) atau "Pah Metto" (tuan tanah). Dalam hubungan keyakinan tersebut nenek moyang dalam fungsi sebagai tua adat suku (suku metto) dalam kefetoran Manbait yang sekarang telah menjadi Kecamatan Fatuleu dan Kecamatan Takari sering melakukan ritual untuk menjaga hubungan dengan penghuni gua tersebut selain untuk medoakan kesejahteraan, keselamatan dan ritual laiinya dengan cara menyembelih seekor babi berwarna merah atau seekor kerbau yang darah dan bulunya dicurahkan di depan mulut Gua Oenaek dan sekitar mata air.

Kayu dan batu - batuan di sekitar gua tidak boleh sembarangan diambil karena bisa menyebabkan kematian atau celaka bagi yang melanggarnya.

Keberadaan Gua Oenaek sebagai salah satu benda bentukan alam yang mempunya nilai peran yang sangat penting bagi ekosistem lingkungan alam maupun bagi kehidupan masyarakat di sekitar gua. Situs ini memiliki struktur yang berundak - undak atau bertangga untuk mencapai ke lokasi gua.

 

Sumber : Selayang Pandang Cagar Budaya & Situs di 21 Kabupaten/ Kota Se-Nusa Tenggara Timur tahun 2012

Photos
No photos available.
Comments
See Also
Air Terjun Tesbatan
3 Plans
Gua Wisung Fatima
3 Plans
1 Comments
Cu Chi Tunnel
4 Plans
© 2012 - 2018 way2east.com
Ads X
Pink Beach, Flores